Titin Hernawati

Titin Hernawati,S.Pd Guru Bahasa Inggris SMP Pasundan 9 Kota Bandung....

Selengkapnya
Belajar menjadi Master Teachers

Belajar menjadi Master Teachers

Bandung Juara memang icon yang tak ada matinya, berbagai aspek kegiatan kepemerintahan maupun non pemerintahan.Dalam dunia pendidikan,Bandung dibawah naungan Dinas Pendidikan Kota Bandung memiliki visi yang bersinergi dengan tantangan pendidikan abad 21.

Mulai tanggal 23 September sampai dengan 26 September Disdik kota Bandung melaksanakan Bimbingan Teknis Intergrasi Science,Technology,Engineering and Mathematic ( STEM) dalam Implementasi Kurikulum 2013 bagi Guru Mata Pelajaran.Kegiatan Bimtek ini terselenggara atas kerja sama dengan SEAQIS,SEAQIM,MKKS,MKPS,dan K3S SMP Kota Bandung.

Bimtek ini dilaksanakan di beberapa Sekolah Induk Kluster, setiap Sekolah Induk Kluster terdiri dari beberapa sekolah Sasaran dari Sekolah Negeri dan Sekolah Swasta.

Kami berada dalam Induk Kluster SMP Negeri 36 Kota Bandung.Dibawah Bimbingan Master Teacher Sabarina Nur Sarah,M.Pd dan Pengawas Pembina Dra. Hj. Anna Mariana,M.Pd memberikan ilmu yang luar biasa tentang STEM

Menurut Pa Bambang sebagai Kasie Kursijian Dinas Pendidikan Kota Bandung mengatakan

"STEM adalah salah satu pendekatan dalam pembelajaran, sangat cocok sbg strategi implementasi Kurikulum 2013 krn k13 ini sasaran/tujuan utamanya adalah bagaimana sekolah beserta guru2 nya dapat mendidik peserta didik yg menguasai keterampilan abad 21, yaitu memiliki kemampuan berpikir aras tinggi, berkomonikasi, berkolaborasi, kreatif dan inovatif, serta menguasai kemampuan literasi media, sosial, dan teknologi.

Tentu saja sekolah beserta guru2 nya hrs mulai digiring agar mampu menerapkan proses pembelajaran yg kolaboratif antar berbagai mata pelajaran membahas satu tema yg integratif yg mungkin menjadi permasalahan di sekolah tsb utk dicari solusinya melalui desain pembelajaran STEM yg kolaboratif tsb.

Guru IPA, matematika, bhs indo, bhs inggris, BTIK, prakarya, IPS, dan mapel lainnya ikut bersama2 terlibat dlm proses KBM bersama siswa utk membahas, mengkaji, dan mengeksplorasi suatu tema yg telah disepakati dgn terlebih dahulu menata beberapa KD (kompetensi Dasar) yg bisa sinergi.

berperan bagaimana agar siswa dapat menguasai konsep dan tahapan penelitiannya, guru matematika membimbing bagai mana siswa dapat menerapkan rumus2 perhitungan utk memecahkan tema permasalahan tsb, guru bhs indonesia berperan mengarahkan siswa agar mampu menyusun laporan karya tulis ilmiah yg baik serta berkomunimasi dan berargumentasi yg baik dlm berbagai diskusi kompok, guru bhs inggris berperan bimbing siswa agar mampu melakukan ekspose di hadapan teman2 siswa yg lain tentang tema yg dibahas tsb dgn memakai bhs inggris, guru IPS (misal melalui sub ekonomi kreatifnya) mengembangkan jiwa enterpreneur dan leadership siswa melalui tema tsb serta guru mapel kain dapat berpartisipasi sesuai KD nya bersama2 membimbing siswa dg tema yg sama tadi.

Jadi pembelajarannya faktual, integratif, aplikatif, dan memberikan ruang yg seluas-luasnya bagi peserta didik utk memikirkan solusi dari permasalaham yg dihidangkan oleh gurunya melalui tema tadi (berpikir kritis), berdiskusi scr intensisf (berkomunikasi), bekerja sama dg tim nya dan teman/pihak di luar timnya, termasuk dg pihak terkait di luar sekolah (berkolaborasi), memanfaatkan teknologi dlm memecahkan dan mempermudah kerja secara kreatif dan inovatif (literasi).

Dengan implementasi STEM dlm pembelajaran tsb., maka tdk lagi pembelajaran itu dilakukan scr parsial (terpisah2) oleh masing2 guru mapel yg berbeda, shg salah satu dampaknya dr pembelajaran yg parsial tsb. Tiap guru memberi tugas dan PR yg berbeda kpd siswa. Kalau ada 10 mapel, maka biasanya akan lahir 10 tugas/ PR kpd siswa.

Dengan STEM sudah tdk perlu lagi spt itu, tugas nya cukup *satu saja*, yaitu menyelesaikan project yg komprehensif dari tema yg telah disepakati dibimbing oleh beberapa guru mapel terkait (team teaching) shg

Pembelajaran semakin terarah, efektif, efesien serta dapat terkondisikan penguasaan siswa terhadap keterampilan abad 21 dalam implementasi K13, karena peserta didik menjadi terbiasa berpikir mencari solusi dari permasalahan, terbiasa berdiskusi/berkomunikasi, terbiasa bersama2 dan bekerja sama, terbiasa mengambil keputusan yg bertanggung jawab, terbiasa berliterasi dan menggunakan alat dan teknology utk memudahkan dlm bekerja.

Semoga mutu proses dan mutu hasil pendidikan di kota Bandung semakin meningkat dgn integrasi STEM dlm implementasi K13 di seluruh SMP yg dilaksanakan secara massiv serta melibatkan seluruh komponen pengawas, kepsek, wakasek kurikulum, MGMP, guru2 di seluruh SMP, para master teacher, Tim Pengembang kurikukum, dan instansi terkait".

Inti dari Kegiatan STEM adalah kolaborasi.

Semoga dengan Bimtek ini dapat menciptakan Master Teachers yang berkualitas dan memberikan karya untuk peserta didik kita sebagai generasi penerus

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali